Monday, May 5, 2008

URUS SIM TANPA CALO???

Diposkan oleh meyrinda di 11:36 PM
Photobucket
Akhirnya...
SIM DKI JAYA udah ditangan
Penuh perjuangan dan pengorbanan nih, mulai dari tempatnya yg lumayan jauh di daan mogot, my Dunda yg kejang dikantin Polda, sampe kudu balik lagi gara2 yang pertama itu ga lulus ujian praktek. Banyak cerita seru lo disana. Berikut sekilas liputan ala bunda

Ok, biaya pembuatan SIM pada dasarnya amat sangat terjangkau. Hanya butuh 100rb rupiah meliputi
-Biaya ujian kesehatan (mata) Rp. 10.000,00
-Biaya asuransi Rp. 15.000,00
-Biaya pembuatan SIM baru Rp. 75.000,00/SIM

Tahapan Bunda kemaren:

Pertama, bayar ujian kesehatan, tesnya cuman tes mata yg cuma formalitas aja, lom kelar bacanya ama petugas udah dibilang iya, berikutnya! Proses ini diadakan digedung sebelah kantin, diluar gedung utama.

Kedua, menuju gedung utama. Antri di loket untuk mengikuti ujian teori. Kita ambil nomor antrian dulu dimesin pencetak, then nunggu dipanggil. Lumayan lama, bisa 15menit lebih deh. makin pagi makin cepet.

Ketiga, naik kelantai atas untuk mengikuti ujian teori.
Ada 2 sistem, manual dan komputer. Bun pilih komputer karena hasil lulus/tidaknya langsung keliatan, cuman jawaban yang salah ga bisa diperbaiki. Kalo manual, pake pensil 2B itu, ntar dikoreksi satu-satu. Ribet dan lebih lama. Cuman untuk ujian komputer kalo data belum masuk, berarti kita kudu nunggu dulu. Gpp, ga lama kok. Ada 30 soal, score minimal supaya lulus kudu betul 18 jawaban.
Hasil Bun, untuk SIM A betul 18 salah 12, SIM C betul 19 salah 11. Hahaha, yang penting lulus. Jangan salah, banyak juga yang ngulang ujian teori sampe 2x, 4x...beneran lo ini :)

Keempat, setelah ujian teori, kita kebawah loket 5 nunggu dipanggil untuk ambil berkas dan hasil ujian yang berupa secarik kertas aja. Masih lancar sampe sini.

Kelima, nahhh ini diaa....ujian praktek. Ya Allah, susah amat lulusnya kalo berkas kita ga ada tanda stabilo ato tulisan sakti hisk. Kebetulan bareng ama yang kolektif lewat biro jasa. Mereka bayar 500rb/SIM tapi dijamin lulus. jadi untuk 2 SIM bisa 1jt lebih. Disini antrinya lumayan luamaaa....nunggu orang pada kumpul dan petugas penguji mood hehehe.

Ujian SIM A
jangan lupa pake sabuk pengaman pertama masuk mobil. Liat kiri kanan dan berhenti sejenak di perempatan jalan. Berhenti posisi netral dijalan yang (pura2nya) ada jalan kereta. Ditanjakan ada rambu STOP tp cari sendiri coz ga akan dibilangin ama pak polisinya. Parkir pararel kudu sekali masuk.Bun gagal disini. mepet banget bow... Salut buat yg lulus. Buat yg kolektif? hmm, cuman muter sekali doang dan langsung lulus! Tapi jangan khawatir, biasanya dah ngulang sampe 3x bakalan dilulusin tanpa "pelicin". Terbukti pada teman barengan Bunda.

Ujian SIM C
Lebih susahhh lagi.
Biasanya dari 30-40 orang yang asli lulus cuman 2-3 orang. Kita jalan melewati patok2 berukuran sempit. Pertama lurus, angka 8, dan zigzag. Standart lulus murni adalah kalo kaki kita berpijak ketanah atau menjatuhkan patok kayu maksimal 2! ckckck.... Kayaknya emang dipersulit banget deh.Tapi kalo ada "coretan sakti" mah, apapun hasilnya teuteup bisa lolos tahap selanjutnya tuh. Orang katanya ada yg ga bisa naik motor, pas ujian motor dituntun tetep lulus tuh, mo marraaahh gag?
Photobucket
Photobucket

Ujian praktek pertama, Bun yg ga lulus mupeng liat sesama peserta yang ga lulus ujian praktek bisa lolos foto gara2 di berkas ada stabilo ato catetan saktinya. Arrgghh, manaaaa yang katanya ngurus SIM udah bebas calo???

Akhirnya Bun dapet temen 4 orang yang sama-sama murni, then memutuskan melobby salah seorang Bapak penjaga. Katanya ntar kalo ujian ulang disuruh langsung menemui beliau. Huhuyy...biar dah KKN, daripada kayak setrikaan ngurus SIMnya . Tadi sampe jam 9 pagi pulang jam 3 sore.

2 minggu kemudian - 2 mei 2008
Bun dateng lagi, langsung ke tempat ujian praktek.
Pas mencari peluang melobby, eh, da disapa duluan. Langsung aja Bun minta tolong. Dah TST lah. Nego harga didalam ruang kantin, keluar angka 250rb tapi Bun udah langsung foto. Ga perlu ikut ujian praktek formalitas.
Dan saudara-saudara, proses administrasi di loket 9 cuman 15menit, then foto+tanda tangan di loket 13 cuman 5 menit, 1 menit kemudian diloket 31 SIM bunda udah jadi! ya ampunnnn, cuman gitu doang? ckckck.
Indonesia banget ga sih?
Itung-itung lebih murah lah. 200rb+250rb+transport paling 550rb untuk 2 SIM.

Oya, liat deh hasil jepretan Bun dibawah ini
PhotobucketPhotobucket

Asli Bun ngakak bacanya, ah, teori hahaha
Jadi kalo punya banyak waktu, mending langsung urus sendiri, kalo telaten gpp ngulang, 3x ngulang polisinya kayaknya bakal kasian, ato ngga, nego langsung ditempat :P

20 komentar:

roennie on 11:51 AM said...

halah kalau aku sih pake calo

cukup duduk diam gag ngapa2in, jadi deh dlm 5 mnt

piiisssss:D

edo said...

wah wah wah...
untung iseng sempet baca ini
mana diriku lagi mo bikin SIM hihih..
so, kesimpulannya, nongkrong di cafe, 250rb/SIM, dalam waktu gak sampe 30 menit langsung beres?
kekekkeke

Indah on 3:50 PM said...

waa...punya sim C...aku cuma punya sim A aja...sim C udah mati...mo urus lagi tapi pake calo aja deh..secara gak faseh lagi naek motor...nggaya udah bisa mobil sepeda lupa bisanya mio....ntar balapan ya...

Zeeva Athena Cakranegara on 5:32 PM said...

ikutan ngakak bacanya!!! wakakak....

meyrinda on 6:15 PM said...

#Ronnie : kena berapa tuh? :P

#edo: applaus kalo ujian beneran langsung lulus dapet SIM hahaha, nembak tempat ajah, lewat biro jasa mahalll

#indah: kalo pake mio kaki nganggur, jadi binun dah daku hahaha

#mak'e zeeva: ngakak bareng yuk? kak kak kak haha

farrel's mom on 11:13 AM said...

duh bikin aku jadi muales ngurusnya deh...iiih sebel banged d sama birokrasi dinegara kita ini. niwey slamet yeee dah luluuuus

mutia on 12:46 PM said...

tq infonya kebeneran jg aku mau bikin SIM A.

meyrinda on 3:14 PM said...

#evan: kalo bisa dipersulit, knp dipermudah?hahaha

#mutia: ayoo...paling cuman kena 200rb hihihi

Tety Kurniati on 9:09 AM said...

Mimpi kali ye.... di Indonesia pengurusan KTP, SIM & surat-surat lainnya bener-bener sesuai prosedurrr...dari aparatnya sendiri mentalnya dah mental korupsi, mang betul mbak, kalo bisa dengan yg ribet, ngapain pake yg gampang, tul gak

meyrinda on 1:35 PM said...

#tety: tp aku bersyukur da ngalamin sendiri mba, jadi makin tau aja aslinya gmn hehe. Kirain da "sembuh" taunya penyakitnya da kronis haha

Yosie on 9:47 AM said...

Cieee.. dah pny SIM komplit euy.. so, klo kemana2 gw bonceng lu aja deh rin scr gw gak mungkin bikin SIM C or SIM A wong gw cm bisa naek sepeda doang hi..hi..

rumah lina on 1:19 PM said...

wah kebalikan ma daku ya yg nembak abis heheh 500rb euy utk SIM A dan 600rb utk SIM Internas. Testnya aja gatot.. hehe ga bs pake manual ampe stress tu bapak polisi :D

Eucalyptus on 7:56 PM said...

Hmmmm, aku selamanya pake calo tuh, abis males prosedurnya... he he...

meyrinda on 9:51 PM said...

#yosie: huaaa, serius lu? ya sud, gpp, mo kmana tra gw jemput di pertigaan caman hehehe

#rumah lina: tuh kann, masi murah dakuuu hehehe

#eucalyptus: kmaren kan gosipnya lg steril mba, ternyata o ternyataaa hehehe

Mama Azka on 6:08 PM said...

Waa..SIMku juga bis nih, mana pake KTP Bandung, udah dicabut. Harus bikin lagi deh.

Mbak, SBnya error tuh, ga bisa ngisi. Mau aglonema...ayo ke rumahku, ambil ajah, aku punya byk kok, ga dijual hehehe...

meyrinda on 7:25 AM said...

#mama azka: hayukkk, coba jalur sepertikuu hehehe. Oya, bekasi mana neh, biar daku bisa segera meluncur ambil aglonema hehe..SBku knp yaa? :((

mbah on 10:17 PM said...

YES ...

kalo aku juga lewat Cualoo...

Cepet n gak ribet.

Soalnya pak polisi yg nawarin ..

Hehehe...., katanya mo brantas percaloan. e e ternyata ....

meyrinda on 10:12 AM said...

#mbah: walah mblewat calo ga ada tantangannya mbah wakaka

markus on 11:55 AM said...

wah mbak kemarin aq bikin sim c tapi susahnya setengah mati!!!!
jadi harus ngulang ujian teori.Mbak kalo kafenya yang disebelah mana?mungkin nanti saya juga bisa nemuin pak polisi itu.tolong ya mbak!!!!!

meyrinda on 8:30 PM said...

#markus: itu pokokna deket tempat ujian praktek deh, tanya ajah baek2 ama petugas pas lg sepi, hehe...tp ujuan tilisnya lulus kan?

 

Mind of Mine Copyright © 2011 | Design by CuteLittleOwl