Monday, April 21, 2008

STEP aka Kejang

Diposkan oleh meyrinda di 2:28 PM
Hari yang cerah.
Anak-anakpun bahagia mau diajak Bunda urus SIM di daan mogot.
Kita berempat cunda, dunda, ma'uning, dan bunda berangkat dari rmh tante dimenteng naik taksi tarif lama.

Sampai di SAMSAT SIM jam 10-an, Bunda langsung tes kesehatan disamping kantin, then dilanjut kedalam gedung untuk mengikuti prosedur selanjutnya.
Bayar asuransi, bayar uang bikin SIM, isi formulir, then registrasi. Semua sekitar 1 jam, sementara CunDun ditemenin Ma'uning nunggu dikantin.
Tiba-tiba Bun ditelpon ma'uning bilang kalo Dunda step/kejang.
Masya Allah...
Langsung Bun tinggalin semua urusan menuju kantin tempat Dunda berada.
Lari kenceng...

Sampe kantin, udah banyak yang ngerubutin Dunda yg lagi dipangku Ma'uning, suasana heboh, Cunda nangis sambil bilang, "adek jangan sakit, ayo kita ke dokter Bun..."

Dunda lemes, pucet, tapi udah sadar. Langsung Bun gendong, Dun langsung lunglai.
Alhamdulillah lagi ada taksi di pelataran kantor Polda Metro Jaya.
Langsung menuju RS terdekat, direkomendasikan pak sopir ke RS SUMBER WARAS (kelak kalo bisa memilih, mending pilih yang laen deh :)) sepanjang perjalanan, kondisi Dunda yang "nge-fly" bikin Bunda sibuk ajak omong DUnda spy tetap terjaga.

Masuk UGD, ditanya, ditermo 39 derajat (Bun yakin tadi lebih tinggi)
Isi form, disuruh rawat inap, tapi kemudian setelah dipikir2, tempatnya jauh banget dari rumah dll, diputuskan minta pertolongan pertama, kita mau cari RS lain yg lebih dekat dgn rumah.
Dokter: "oh, jadi ga disini ya?"
Bun : "iya Dok, kejauhan dll..."
Dokter: "Ya udah, silahkan saja, tapi kalo ada apa-apa Ibu tanggung sendiri ya resikonya?"

Sekian lama....Bun nanya, Dok, jadi ini gmn, apa ga diberi tindakan apa-apa?
Dokter: " kalo dirawat disini bisa langsung diberi tindakan, tapi kan ga jadi dirawat disini.."
Bun : " Lo, maksud saya pertolongan pertama apa gitu? supaya ga kambuh dijalan?"

uff....melelahkan mental banget. Untung Dunda udah bisa senyum, Sempet ngompol pas diperiksa, Bun rasa karena lemes, ga kuat bilang..its ok my luv

Akhirnya seorang suster senior bilang: "gini aja Dok, dikasi obat anti kejang, udah, gitu aja"

Dun dikasi proris lewat d*b*r untuk panas dan anti kejang, kemudian kita lanjut ke medistra. Masuk IGD lagi, ditermo dah 37,8 kata Dokter jaga yang baik hati tidak ditemukan indikasi lain kecuali ada radang di tenggorokan, dikasi turun panas lagi. Untuk pastinya, Bun minta tes darah. Dunda cuman nangis bentarrrr pas diambil darahnya di tangan kiri.Hasilnya kata Pakdhe Arief switch to the left, yang berarti penyebab nya adalah bakteri yang menyerang tubuh. Limfosit 8, Neutrofil 85. Selaen itu normal semua.

Supaya lebih yakin, skalian kontrol ke dokter anak yg praktek stengah 6 sore. Kantin Medistra dan lobby jadi persinggahan sementara.

Setelah tertidur cukup lama dengan pulasnya,Dunda udah ceria banget. Thx ya CunDun, amat sangat membantu Nak.
Ama Dokter Bulan Ginting dicek juga dibilang radang, dikasi anti biotik ama anti kejang untuk jaga2. HARUS selalu tersedia, dan jangan sampe kejang lagi (iya lah, Bun juga maunya ga usah ada acara kejang..)

Alhamdulillah, segera diberi jalan keluar
Alhamdulillah hari ini banyak yang nolong
Alhamdulillah atas karuniaMU pada kami
semoga Bunda bisa menjaga CunDun dengan lebih baik amien

Tips of the day: jangan pernah sepelekan panas badan anak, hisk

11 komentar:

moeng on 3:23 PM said...

duhhh cunda...apa emang suka kejang2 gitu? ibrahim ku juga suka kejang, tapi kalo ada sebabya, misalnya krn kejedot, kaget, atau nangis pengen sesuatu gak kesampean...hhh... kudu ekstra hati2 yah ngjaganya... mdh2n cunda tetep sehat terus ya? :)

meiy on 1:44 PM said...

moga sekarang sudah sehat ceria ya sayang...dunda kan? abis aku suka ketuker :D

nay juga baru sembuh. pas aku mau berangkat ke hutan, eh panas. gak jadi deh ikutan hari bumi, hehe anak lebih penting ya rin.

Cicha Mamanya Shaina on 1:47 PM said...

bun, merefer tips mu soal jangan sepelekan panas anak. Memangnya sudah tergolong panas atau waspada itu kalau thermonya sudah menunjukkan angka berapa ya bun? Memang waktu Dunda diajak pergi apa badannya udah anget?

Dunda jangan kejang lagi ya.. hiks ngebayanginnya aja ngga tega :(

moeng on 12:41 PM said...

walah...daku ketuker yaah? hiks..muapp ya... dunda en cunda baik2 aja khan skrg? aminnn :)btw, ngjwb pertanyaan diatas, klo anak panasnya 37 ke atas udeh harus ditangani...normalnya anak2 emang suhunya lebih panas dari kita, kalo 37 pas..masih bisa sekedar dikompres2 dirumah... :)

Febrie Pereiza on 8:08 AM said...

aduuhh moga2 cepet sempet ya dunda ... sabar yaa jeng .. gw juga sering ngliat anak sepupu gw step gitu makanya kalo anak2 panas dikit aja, gw dah panik .. sabar ya bun ..

meyrinda on 8:26 PM said...

makasih mba Moeng, mba Meiy, Cicha, Febrie, duhh, jangan sampe deh ngalamin kayak gini lagi...sehat emang tiada duanya hisk...

mudah2an kita senantiasa diberi kesehatan dan segala kebaikan dunia akherat amien

Tety Kurniati on 9:08 AM said...

Sabar ya bun, emang kalo anak sakit kita jadi panik, namanya juga belahan jiwa ya gak....

Semoga tidak terjadi lagi hal seperti ini, cepat sembuh ya dunda

Ani on 10:46 AM said...

Semoga CunDun selalu sehat wal afiat ya!

Zeeva Athena Cakranegara on 3:36 PM said...

bun...dari yang sayah baca mah kalo kejang saat demam itu tidak berbahaya. Yang berbahaya adalah kejang tanpa demam. Biasanya kejang saat demam itu terjadi turun temurun. Coba deh tanya ortu/mertua, ada gak sodara kandung/ipar Bun yg pernah kejang saat demam. Penanganannya yah cuma obat anti kejang yang diberikan saat kejang (kalau pasca kejang jadi tidak bermanfaat lagi). Atau berikan obat penurun panas dikala anak merasa tidak nyaman saat demam. Punten atuh maen2 ke http://www.sehatgroup.web.id/ untuk info lebih lengkap mengenai demam dan kejang demam.

Duh...enggak banget yah dr di RS Sumber Waras ituh....

devga on 9:29 PM said...

aduh...ngeri deh...tp sekarang gpp kan..?wah, pasti panik bgt ya...gak kebayang dah...moga* jgn sampe kejadian lg...amiinnn...

meyrinda on 2:50 PM said...

#mba teti: maunya jangan sampe deh, skrg alhamdulillah da sehat tp aku jd gampang degdeg kalo dunda anget :(

#mba ani:Amien3x

#bunda zeeva: daku mah da ngikut milis sehat, tp tetep kalo kejadian gitu berasa agak blank, langsung nurut apa kata dokter. Sumberwaras?hmm ga rekomen banged dah haha

#devga: amien3x...

 

Mind of Mine Copyright © 2011 | Design by CuteLittleOwl