Friday, September 29, 2006

Kisah Kerang

Diposkan oleh meyrinda di 7:56 AM
Para "tukang masak", mau masak apa nih buat sahur atau buka puasa hari ini? Kerang? Wah kebetulan kalau begitu!

Kali ini Bunda mau bercerita tentang kerang yang setahu Bunda punya banyak peminat.
Cerita ini didapat dari data FFI, tempat Ayah CunDun mengais rejeki.

Jadi, begini ceritanya....

Kerang yang didapat oleh para nelayan, dikupas oleh para keluarga nelayan yang hidup di pesisir pantai Jakarta mulai dari anak sampe para wanita.

Photobucket - Video and Image Hosting
aktivitas mengupas kerang kemudian dikumpulkan dalam ember-ember yang gak begitu bersih (well, bersih itu relatif ya? ini sih pendapat daku)

Setelah kerang dikupas dari cangkangnya kemudian dicuci disungai yang (sangat menyedihkan) penuh dengan sampah dari seluruh Jakarta dan menjadi sumber pemenuhan kebutuhan penduduk setempat -mulai mencuci sampai membuang hajat-. Ini tampilannya.

Photobucket - Video and Image Hosting
tampilan asli daging si-kerang

Kemudian, untuk "mempercerah" dan "memperindah" penampilannya, direndam dengan zat pewarna dibawah ini

Photobucket - Video and Image Hosting
perhatikan baik-baik tulisan pada plastik pembungkus (oh no!!!)

Photobucket - Video and Image Hosting
proses "memperindah" si-kerang

Baru setelah itu didapat hasil kerang yang berwarna orange seperti yang ada dipasaran, yang biasanya enak untuk dijadikan sate kerang, tumis, dan sebagainya tergantung selera.
Hanya saja disini masih belum ada penelitian lebih lanjut, apakah perlakuan tersebut diatas berlaku untuk SEMUA jenis kerang atau hanya kerang seperti pada gambar diatas. Nanti kalo ada informasi lebih lanjut, insya allah aku akan bagi informasinya.

Setahu Bunda, ada beberapa pendapat tentang kerang itu sendiri. Mulai dari berbahaya bagi kesehatan, kandungan gizinya, sampai dengan masih dibawah batas normal untuk dikomsumsi.

Nah, kembali kepada masalah selera, terserah pembaca, setelah membaca posting bunda, apakah segera membeli kerang (dipasar tentunya yaa!!) ini sebagai santap sahur dan berbuka atau malah memindahtempatkan si kerang pada salah satu sudut rumah (baca tempat sampah hehe)

Semoga informasinya berguna.
Yang jelas, bunda bersyukur tidak pernah masak kerang dirumah, tapi disisi lain kasihan pada masyarakat yang hidupnya bergantung pada si-kerang bila kelak yang mengkonsumsi kerang jadi berkurang....

47 komentar:

Miming on 9:22 AM said...

kirimin dong Bund kerangnya... dibikin saus padang enak kali yaaa. Tp kalo di Aussie gak ada yg diwarnai tuh...

Mama Firza on 9:37 AM said...

aduh bun, serem banget siy postingnya.. gw n firza suka banget tuh yang namanya kerang tapi alhamdulillah senengnya ma kerang yang masih ada kulitnya eh cangkanganya atau apalah namanya.. jadi yang bekum dikupas gitu deh.. but, thanks banget tuh infonya..

ratnaningsih on 9:54 AM said...

ya Allah ngeri sekali bunda.alhamdullilah kita dah gak beli kerang.dahulu ketika hamil naufal saya pernah makan kerang beberapa kali, untung gak berkelanjutan.dulu distop karena ada info tentang mercury.la ini malah tambah parah ya. trim infonya bunda

Irma dan Anne on 10:00 AM said...

mungkin sekarang lagi jaman susah jadinya nge-halal-in segala cara kali yaa...tega banget yah..
aku sama si ayah juga doyan banget sama kerang, tapi sama keik mama-nya firza, yg masih ada kulitnya, moga2 gak ikut diwarnain juga :D

neli on 10:49 AM said...

mang bahaya ya bun makanan skg kudu pilah pilih, blom lagi tahu or tempe yang pake kedelai transgenik...
alhamdulillah aku kl maem kerang jg sm kek Irma yg ada kulitnya gt...
thx ya, aku besok mo liat semut-semut bun hehe...

lita uditomo on 10:55 AM said...

waaa...meyy...padahal daku suka banget kerang..beli di tukang sayur mah biasanya yg warnanya orange jreng gitu..

kalo gitu mendingan beli yg masih bercangkang aja ya..

thanks banget infonya ya, say..;-)

meiy said...

aduh jaman sekarang semua2 ko ga ada yg 'asli' ya, pake pewarnalah, formalin, penyedap...ngeri deh...

padahal kerang enak bgt lho!

novira on 12:14 PM said...

Wah mbak Mey....sereeemmmm..aku sebelum ke Jepun jrg banget makan kerang..tapi pas dah disini malah sering makan seafood, termasuk kerang..tapi Insya ALlah kerang yg aku konsumsi warnanya gak orange (msh asli)..mudah2an juga gak dicuci di kali yah...

farrel's mom on 12:39 PM said...

ceyem ya mbak?! trus cara bedain yg pake pewarna or gaknya gmn donk? ada tips?

Nunik on 12:54 PM said...

Iyak pernah juga dibahas di salah satu TV swasta.. tapi kerang yang ada cangkangnya masih aman kan Bun??? Soalnya sepertinya justru kerang yang udah dioleh yang diwarnain :D.. Kalo nyambel pake terasi hati2 juga Bun :D.. ada pewarnanya hiyyy syerem dehhh

putri on 1:09 PM said...

Wahh info bagus tuh. Saya link jg bahasan ini, boleh ya? Diulas lagi dengan bahasa yang agak beda buat blog yang lain. Boleh kan? Referensi saya tulis kok.

Walaupun saya buka penggemar kerang, tapi ngeri juga ya.... Sedih banget tahu proses gitu di Indonesia. Apa krn untuk makan jadi tega ke orang lain ya? :(

ochie on 1:12 PM said...

wah padahal aku penggemar kerang loh Rin, mulai dari kerang darat samapi kerang hijau tp stlh ada issue spt belakangan ini aku dah gak pernah mkn kerang lg, tp klo krang yg masih ada rumahnya sih masih tetep makan.

nasywa on 1:44 PM said...

iyak banged nich jaman sekarang banyak pake zat pewarna yg bukan untuk makanan, pemanis buatan, trus pengawet makanan dll lah jadi mesti ati2 nih sekarang pilih makanan

linda on 1:46 PM said...

alhamdulillah kabar baik
untung saya gak gitu suka kerang :)

linae on 2:36 PM said...

wah, aku padahal suka kerang nih. setaun sekali bisa makan kerangnya, abisnya mahal dan kerang adanya musim tertentu doang, biasanya jatuh pada bulan yang ada 'r' nya :D rata² toko menjual masih seger, masih ada cangkang nya. udah mahal, cuman berat dicangkangnya doang, emang mo makan cangkang apa *ugh* :P

Bunda Faikar on 2:51 PM said...

hmmmm menyeramkan ya...kebetulan aku nggak suka kerang dan jarang banget mau makan seafood seafood-an lebih enak gurame boogg ...thanks ya mey info nya :))
met masak kerang ya hahaha salah deng...met masak ya say..

rosy on 3:52 PM said...

untung aku gak doyan ama kerang n' keluargaku jg, serem jg postingannya, skrg emang lg marak penggunaan formalin ama zat pewarna, mesti hati2 nih milih makanan...

Nia on 4:23 PM said...

Waduh, ngeri banget pewarna baju dipake utk makanan. Untung gak pernah makan kerang...

mama raushan on 5:10 PM said...

Mey..aku suka kerang lho..apalagi sate kerang..gimana nih...tapi sejak disini sih kalo beli kerang yang asli, soalnya harus kita kupas sendiri sebelum itu direbus..kalo lagi malas yah ngak jadi makan deh kerangnya...
Terus asemka itu apa yah..??

Tantri Nugraha on 10:22 PM said...

huuuu...seyeeeeeeem dech, sejak ada pemberitaan kalo kerang jakarta kurang baik unutk dikonsumsi karena tinggi kandungan besinya juga menjadi feget....jadi aja sudah jauuuuuuuuuuh dari kerang.

retma-haripahargio on 11:55 PM said...

Hoooo... brarti yg di pasar2 itu dah dikasih pewarna semua yak? Thank god.. aku gak doyan. Huahahaha :p

Diah Christifiany on 1:11 AM said...

aduh kok zat hanya untuk pewarna bukan untuk dimakan, malah dikasihkan ke kerang ya..., tega amat sih.

Kabar saya baik, alhamdulillah, mudah mudahan Rinda juga baik sekeluarga ya...

Ina on 7:40 AM said...

Kesanku bener-bener prihatin loh Mey!
secara aku ini penggemar kerang begituan.
Tapi Alhamdulillah , benr kata mbak Miming, di OZ sini masih asli gak diwarnain...so InsyaAllah aman ...
btw, jadi ada ide buat buka puasa nih Mey! thanks ya

Vina on 10:32 AM said...

hiiiy.. ngeri ya, mey.. Aduh, pdhl kmrn br aja mkn kerang (ada di campuran urap ala Melayu).. Knp ya org kite sk nekat gituh, udh jelas TIDAK UTK DIMAKAN..

Fa on 11:24 AM said...

hiiiii.... skrg apa2 kok dicampur2in macem2 yah? duh, untungnya aku dan suami nggak suka kerang :(
btw, makasih banyak mbak atas infonya, berguna banget!

tyka82 on 4:06 PM said...

kebetulan saya gag doyan kerang.
gag doyan pewarna juga...

heheheh :)

agam on 9:21 AM said...

wah jadi laper nih...
Puasa-puasa ngeliat makanan enak :D
Jadi banyak tau tentang kerang nih.... :)

Mae asti on 10:27 AM said...

Duhhh ko ngeri githu yah Mba. Jadi inget dulu kalo di Indo paling demen makan soto sama lauk sate kerang.

Sekarang.......jadi mikir niyy. Thanks bangedd tu Mba informnyahh, beguna banget dehh :)

Met puasa yah Mba

ario dipoyono on 12:24 PM said...

ueanknya makan kerang... boleh dong

eva on 5:22 PM said...

aduh serem banget sih itu... mudah2an segera pada sadar terus ngolahnya dengan cara yang baik biar berkah untuk mereka dan kita semua, amien ya Allah...
untung sekeluarga gak begitu suka kerang sih, lebih suka udang atau ikan...

Luigi on 2:25 AM said...

Wah untungnya saya berhenti makan kerang itu sejak lama.. baru tau kalau banyak proses kosmetik dilaluinya sebelum nyampe ke dapur ibu2RT :)

Informatif sekali, seneng bisa mampir kesini, kedpean bisa lebih hati2 kalau belanja hasil laut di ibukota, selain limbah merkuri yangturun kelaut ternyata masih dapet "tambahan" pula..

Salam kenal dan slaam hangat dari Negeri si Bau Kelek

Ewi on 8:19 AM said...

Persis! Aku dah nonton di Trans ato TV7 (lupa) mengulas kerang dan terasi yg diberi pewarna textil. Disebutkan juga kandungan kimianya dan bikin kita begidik ngeri!!!

~ Bunda ShafaHafiz ~ on 8:22 AM said...

wah untung ga pernah beli kerang mey, hehehe ...

believe or not, daku ga doyan kerang loh ... makanya ga pernah beli jg hehehe ...

Gege on 4:15 PM said...

Huaaaaaaa...
serem amat yaaah...
untung dulu2 jaraaaang banget makan kerang..
jangan2 ususku sekarang ad ayg warna orange..*nangis jejeritan*

Nasywa on 8:11 PM said...

Waduh... syereeem... cari aman aja kali ya Bun, cari kerang yang masih idup heheh...

Sisca on 3:55 AM said...

Disini kami sering makan kerang...tp biasanya beli trus kupas sendiri...

Kasihan mereka...sumber alam sdh bermanfaat, tp tidak dibantu pengelolahan.

Irma dan Anne on 9:20 AM said...

jadi binun yah mbak mo makan apa, abis segala pake diwarnain lah, di kasih formalin lah, jadi serba takut gitu..

Anonymous said...

Ammmpuuunnnnn kerang favoritkuh, sekarang jadinya curigesen mulu sedikit paranoid hehehe kalo mo beli langsung tanya2 si penjual dan slalu bilang mang kalo bohong musk neraka :D

dinnykaa.blog.com

Ayu on 12:27 PM said...

duh..serem banget mbak...

astri on 7:40 AM said...

untungnya selama di indo, kalow ke seafood resto atow warung, apsti kerangnya masih berkulit... :D

di sini kerang-kerangnya warnanya pada pucet semua deh, baru setelah direbus tuh baru oreng.. :D

ngeri juga yah kalow kerang-kerang di jakarta sampe diwarnainn kek gituh..

Pepih Nugraha on 8:17 AM said...

Informasi tentang kerang yang sangat menarik... Saya tertarik menulisnya. Dimana tepatnya alamat orang ngupas kerang sampai diberi zat pewarna itu. Bisa kasih tahu Mey...

shinta on 3:50 PM said...

walah meee itu makanan uenak... udah lama sich denger cara mbuatnya... tapi tetep aja dimakan he3...
tapi pastinya tidak untuk 2Al ...dijamin...

brajadenta on 12:39 PM said...

wah kerang sebanyak itu ga ngabisin yang ada di laut yah? bakal punah ga yah...?

Mbu on 2:35 PM said...

wahhh syerem mbak...
tapi, alhamdulillahnya nggak suka kerang...

kebayang masuk perut dengan seambrek resiko ya karna zat pewarna itu...

Liputan yang bagus mbak...

Widya Sandy Blog on 9:21 AM said...

oh nooooo...
saya demen banget kerang lho mba rinda.. wah kudu tobat makan kerang nih kalo gitu :(
sip banget deh mba postingannya!!!!

Anonymous said...

Owwwww........
Untung saya nda suka makan kerang..... btw setau saya kerang memang banyak yang suka tetapi info punya info ^ ^ kerang itu mestinya bukan untuk di makan...... soalnya dia merupakan hewan laut yang banyak mengandung logam berat yang sangat bahaya bagi tubuh......

ada kata orang "ahhh ak makan dikit kok" tapi ati2 kawan logam yang termakan akan terakumulasi dalam tubuh kita dan suatu saat akan sangat berbahaya bagi tubuh kita lohhhh ........

btw kan lebih baik mencegah dari pada mengobati karena ketika logam itu sudah masuk dalam tubuh kita maka akan sangat sulit di bersihkan lohhh..... okkk ddd God Blesss for alll ^-^

Anonymous said...

owwwww...

 

Mind of Mine Copyright © 2011 | Design by CuteLittleOwl