Wednesday, September 6, 2006

Arti 2500 Rupiah

Diposkan oleh meyrinda di 7:03 PM
Suatu siang yang terik, dalam perjalanan pulang sambil mengayuh sepeda kesayangan, tiba-tiba terlihat seorang bapak penjual gerabah. Teringat kenangan masa kecil dan berharap binar dibola mata CunDun, Bunda menghentikan sepeda, bermaksud membeli dagangan bapak tersebut.
Bunda : "Berapa Pak, mainan tabuhannya?"
Bapak : "1000 rupiah neng"
(What?? 1000??)
Bunda: "Ya udah Pak, beli 2, ama ulekannya, tapi dikasih bonus ya? tungku ini aja deh"
Bapak: "Ya udah, 2500 dikasi semua, tabuhan 2, tungku, cobek sama ulekannya juga"
Bunda: "Tambah ini juga deh ya Pak?" rayu Bunda
Bapak: "Ya udah, ambil!" katanya sambil tersenyum dan memasukkan mainan-mainan dari tanah tersebut kedalam plastik.

Akhirnya Bunda membayar seharga 2500 rupiah saja untuk semua mainan dibawah ini.

Photobucket - Video and Image Hosting

Dalam perjalanan pulang, terpikir oleh Bunda, duh...naluri wanita yang menyebalkan! tanpa perlu susah-susah membuat adonan, membentuk, membakar gerabah2 tersebut, kenapa Bunda tadi nawar ya? Kenapa minta bonus? 2500 yang sudah pasti kurang kalo dipake belanja di C4, 2500 yang cuman dapet cabe segenggam? Perlu berapa kayuhan pedal lagi bagi si Bapak untuk dapat 20.000 hari ini agar cukup untuk dibawa pulang kemana anak istrinya menanti dengan penuh harap?
Terbayang senyum Bapak penjual diteriknya mentari tadi. Ramah. Ikhlas. Tak peduli dengan 2500 ditangan, asal pembeli puas dan mau membawa pulang barang dagangannya.
Terbayang suatu masa, saat mampir kesebuah outlet yg berisi barang2 mahal disuatu mall, si pramuniaga dengan sinis berkata: "kalo itu mahal!! 200rb". Duh....
Kadang memang ada banyak hal yang tidak bisa dihargai dengan uang.....

Oya, kembali ke CunDun, memang mereka bahagia dengan mainan barunya. Bunda juga senang bisa mengulang masa kanak-kanak dulu. Tapi ternyata mainan-mainan itu tidak bertahan lama, kalah kuat dengan lantai keramik, dengan tembok rumah ketika tanpa (atau dengan?) sengaja CunDun membantingnya saat berebut.....

26 komentar:

Sisca on 11:33 PM said...

Ya sdh jeng..jgn disesali..toh mainannya sudah rusak juga...lain kali beli barang, ndak usah pake nawar...langsung bungkus aja..oopsss..tp byr dolo yak :)

eva on 12:42 AM said...

semoga jualannya bapak itu laku terus ya... amin...
bgs tu mbak anak2nya masih mo maen ulek2an... nggak asik ama video game aja..

Tantri Nugraha on 9:04 AM said...

Mey......kadang kita jarang memikirkan proses barang tersebut dan akhirnya menjadi sesuatu yagn berguna, namun dibalik itu kita telah membantu bapak tersebut dengan membelinya.
setelah sy membaca sebuah renungan (lupa euy dimana)sy sering kali membeli dipenjual kecil seperti bp tersebut, ya sekalian kita bantu mereka juga...semoga menjadi hikmah

Nunik on 9:41 AM said...

Murah banget Bun... 2500 dapet semuanya.. Hari gene geto.. tuh Bapak emang baik banget dan ikhlas jarang ada penjual seperti Bpk itu..

Irma dan Anne on 10:40 AM said...

murah banget yah mey? dapet macem2 lagi..moga2 laris terus dagangan si bapak2 itu...

BunSal on 11:04 AM said...

he he, pernah diprotes mertua.."Kamu mbok yo kalo blanja di pasar tuh ditawar dikit keq..Mang blanja di supermarket "?!(&*^*&^&^%&

wah ya, di aku siy, kl di supermarket aja kita gak bisa n gak pernah nawar, knapa nggak pas di pasar..lagian, yg dipasar, duit lebih dikit pasti sangat berharga bagi mereka,..
Lha! kalo supermarket, paling dah dianggap biasa :(

farrel's mom on 1:00 PM said...

sama keik aku klo beli brg suka pake nawar2 dulu! tp stlh itu pasti nyesel...
doain aja mba mdh2an dagangannya laris manis!

Nia on 1:32 PM said...

Mudah-mudahan si bapak itu daganganya laku, amin. Kadang2 uang yg hanya sedikit bagi qta bs berarti by utk org lain ya...

Dianibung on 1:41 PM said...

iya ya...kadang kita baru ngeh setelah kejadian.... have fun nabuhnya...ntar beli aja lagi ke bapak itu tanpa nawar, hihihi

nasywa on 2:10 PM said...

sayang anak... sayang anak.... murah banget tuh bun segitu banyak cuma 2500, si bapak baik ya mungkin penglaris pertama kali bun jadinya di kasih murah he......

Nasywa on 5:50 PM said...

Memang sifat aslinya emak-emak kali ya bun ..hobinya nawaaar mulu, padahal dah dikasih murah.. Idem sama aku :D (btw kenalan yaks..sekalian tukeran links yu...,dapet dari Nasywa Bekasi niiy hehe..)

putri on 7:15 PM said...

Wahh... dulu saya juga punya. Sekarang masih ada yg jualan mainan gerabah gitu? Pengin....

linae on 7:40 PM said...

waks! mainan kek gitu masih ada? maooooooo.... murah lagi :D
kira2 bisa ga ya nanti aku bawa kesini :P *berkhayal terossssss*

~ Bunda ShafaHafiz ~ on 6:59 AM said...

ada harga ada rupa Mey ;-)

tp bener yaaa, kadang kog ya masih tega kita nawar pdhal harganya dah murmer gitu ? tks sharingnya, jd diingetin lg nih ..

btw, imel kelanjutannya mana tuh ? ;-)

.n.a.n.a.t.e.r.b.a.n.g. on 8:18 AM said...

jd inget jaman dolo suka maenan keq gini :D

smoga bapak itu dimudahkan rejekinya ya :)

Gege on 10:05 AM said...

iya ya..kadang2 kita suka kebangeten kalo nawar.. padahal paling untungnya cuma berapa gitu yah?

Febrie Pereiza on 8:04 PM said...

sumpah murah banget, gw nitip dunk kalo ada lagi .. anak2 juga lagi seneng maen gituan, sampe barang2 dapur jadi sasaran ..

Vina on 9:31 PM said...

Iya Mey.. Inget kt Aa Gym, kl ktm pedagang yg ky gt, misalnya doi ngasih hrg 2rb, kt tawarnya "Ya udh Mang, 4rb yah??" Subhanallah.. Seakan menegur diri sendiri :(

retma-haripahargio on 10:53 PM said...

Huahahaha. Kita mah, ibuk2 emang dah bawaan kali ye. Pengennya selalu muraaaaah! :p

Tapi iyah, kasihan juga bapak itu yak.

novira on 7:01 PM said...

kalo hbs nawar trs dikasih emang perasaan jadi mrs bersalah yaa..engeh-nya pas kalo ke mall ketemu brg mahal2, tapi kalo gak nawar juga kayaknya gak enak *moga jadi pelajaran buat kita yah bun..*

lita uditomo on 7:54 PM said...

makasih ceritanya ya, mey..
banyak hikmah yang bisa diambil :)

kadang2 aku tu suka beli aquanya pengasong bukan krn pengen beli, tapi pengen bantu aja..

ngasih 1000 sama tk parkir aja masih suka ngga ikhlas dibanding ngasih sama pedagang asongan yg kringetan jualan..hiks...

rahma on 12:50 AM said...

hikkss..sedih bacanya.. :(

btw.., hmm..kenapa yaaa..anak2 itu kalau dibeliin mainan awetnya cuma dalam hitungan menit :D

Lindsay Lohan on 11:58 AM said...

best saite
http://www.lindsaylohan.co.in/

Lingeries on 11:59 AM said...

best site
http://www.lingeries.co.in/

Cat on 12:00 PM said...

best site
http://www.cat1.biz/

Cruise on 12:04 PM said...

best site
http://www.cruise1.biz/

 

Mind of Mine Copyright © 2011 | Design by CuteLittleOwl