Monday, November 3, 2008

Parade Makanan (Langka?)

Diposkan oleh meyrinda di 7:21 PM
Tiba-tiba teringat wisata kuliner saat mudik.

Bunda yakin banyak ragam makanan dibawah ini yang udah lama tidak dinikmati pembaca. Bunda yakin banyak juga yang kangen dengan makanan dibawah ini
Bunda juga yakin ada beberapa yang belom pernah dilihat secara langsung oleh pembaca

Buat yang kangen, semoga hidangan visual ini bisa sedikit membangkitkan memori masa lalu...


Namanya buah MURBEI, metik di kebun Batu. Hitam menandakan sudah matang, manis rasanya


Sebelah kiri ada yang menyebut buah CHERRY, ANGGUR JAWA, Kersen. Kita menyebutnya KERES.
Rasanya manis. Dipetik dibelakang rumah Mbah Ibu

Sebelah kanan namanya JUWET. Termasuk langka. Dipetik dipohon daerah Krian.
Biasa dikocok dengan garam sebelum dimakan supaya tidak sepet



Sebelah kiri BUBUR SUMSUM campur, bubur yg disiram dengan gula jawa

Sebelah kanan SEMANGGI SUROBOYO, dari daun semanggi yang disiram kuah dari campuran ketela


Sebelah kiri TAHU CAMPUR, sebelah kanan RUJAK CINGUR. Keduanya menggunakan bumbu petis


Sebelah kiri TEBU KUPAS, dimakan dengan cara dihisap airnya Sebelah kanan aneka masakan Mbah Ibu saat lebaran


Kiri tanaman
ROSELLA dgn tinggi sekitar 50cm yang sekarang banyak dipasarkan berupa Teh Rosella
Kanan buah TERONG BELANDA yang sering dijadikan syrup

Keduanya tumbuh dihalaman belakang rumah Mbah Ibu.

Yang jelas makanan diatas favorit Bunda semua...


42 komentar:

budhe Fakhrun on 12:09 AM said...

whala... penampilan makanannya menggiurkan smua... budhe di kampung aja jaran ada palagi sekarang di gurun hiks

Rosa on 11:44 AM said...

ho...ho.sayang sekali... disekelilingku itu semua msh ada tuh...:D Ada yg ketinggalan, msh inget gak ama "ceplu'an"...?itu yg paling jarang...

bundanya i-an on 1:43 PM said...

wah kangen murbey.. mawu dong... waktu kecil sering banget nemuin sekarang dah nggak lagi...

^MyRadith^ on 2:28 PM said...

Waduh itu rujak cingur bikin ngiler euy....

Zeeva Athena Cakranegara on 4:52 PM said...

aaaahh si ibu mah, apa sih yg gak doyan ;p

duh itu tebu, terakhir ketemu pas SD, diisep2 ampe nyonyor, maniiiiiisss...bukan bukan kyk elu! kyk gue!!

Meidy on 6:42 PM said...

Murbai, juwet, tebu.. bikin ingat masa anak2.. :) Btw, itu rujak cingur mana mb??

Lala on 7:55 PM said...

Weleh weleh...
tuch makanan enak enak semua, jadi ngilerrr...

ayah wandi on 9:20 AM said...

Murbei, biasa disebut Besaran kalo di mBatu. Dikasi air dan gula trus direbus, dimasukkan kulkas. Seger bener. Kayak bunda abis mandi... segerrrr

meyrinda on 10:01 AM said...

@budhe fakhrun: iya nih Budhe, ada 1 yg ga sempet kefoto, jambu monyet hehe

@rosa: wah iya, ciplukan da jarang juga tu, kudu ke kebon. dulu si didpn rumah ada tanemannya. btw mosok pnah liat terong belanda?

@bundanya i-an: iyah itu disetup wenak d mba syegerr

@zeeva: apah? gw maniezz? aduhhh gw seneng dah lu jujur gini wakakakkaa btw gw rasa lu salah ngisepnya deh, eikeh makan serantang kagak nyonyor tu =))

@meidy: skrg da jarang ya mba? padahal alami.. itu rujak beli di batu mba, tp di pabrik paku ada yg enak lo mba

@lala: samaaaa aku jg neh mba

@ayah wandi: mwuah...
@myradith: nyamnyam...palagi kalo pedes say, eh kok doyan rujak cingur seh? pdhl org jakarta ya?

@

mama arya on 5:08 PM said...

buah yg disebut murbei itu udah pernah makan bun saat kecil dahulu kala rasanya asem bikin langsing kata orang ....

widie on 11:34 PM said...

Wuaahhhh penampakan makanannya enak2 tuhh tahu campur lama bgt ngga makan itu, tp kayaknya belum langka kl makanannya yang langka tuhh buah2annya yaaa...udah sulit nemunya heheh

lita uditomo on 8:33 AM said...

duh, jadi laper, bun...makanan favorit semua nih...

debbie on 10:39 AM said...

welehhh...itu foto2 makanannya bukan maen!!
sukses bikin ngiler jam segini nih, lagi laper2nya gak brekkie tp lunch time nya masih lama bener.....

Bunda Nayla on 11:11 AM said...

Wah..bikin ngiler aja nih penampilannya.

ELVAN RIVANI on 1:08 PM said...

tanah dikampungmu subur benerrr. buah cherry kesukaannya farrel tuw, tiap lwt puun cherry pasti brenti dolo =))

ferri on 4:14 PM said...

mampir liat-liat ya bu..

Eucalyptus on 7:22 PM said...

Wadow.... buah murbeinya itu loh... kapan ya aku terakhir makan? Bener2 menggiurkan...
Klo cherry masih suka dapet klo pesen minuman juice...

3w1nk on 7:51 PM said...

klo d daerah ewink bunda, namana kersen juga, enak tuh..
dulu waktu sd sering manjat pohon na, soalna d halaman sekolah sd dulu banyak pohon na...

neny setijowati on 7:32 AM said...

hallo salam kenal, wah itu namanya wisata kuliner ya mbak. tapi bagus juga untuk refresing supaya awet muda.salam sukses selalu.

Kristin A Kusuma on 12:21 PM said...

Wkekeke..bener2 deh bunda satu ini pasti rajin kuliner pas mudik kemaren :D

Btw keres anak yoo,,manis trus kerasa mrintis2nya wkekeke...:P

Lyla on 9:38 PM said...

kalo yang bawah itu bukan makanan langka kaleee... hehehe

Novee on 1:35 AM said...

koq juwet siy..?
itu bukan nya jamblang..?
sedap sangad dikocok pake gula plus sedikit garam lalu diamkan sebentar di kulkas..
duh, ngeces deh..!

Febrie on 10:22 AM said...

kejamnya dirimu nampilin tuh makanan .. kan jadi ngilerr ..

rhein fathia on 11:27 AM said...

jadi lapeerr.... tanggung jawab nie tante, harus kirim buat Rhein.. hihi.. :p

Eucalyptus on 4:08 PM said...

wekekekek, jadi laen ya cherry Jawa sama yg suka di taruh di minuman... wah, jadi penasaran neh pengen coba, klo terong Belanda udah cobain siropnya

ijal on 9:10 PM said...

ngeliat bubur sumsumnya bener2 bikin ngeces dan cacing2 perut berontak,,


sumpah...

Milla Widia N on 12:27 PM said...

ihh aku pernah makan tuh si Murbei dulu ada yg jual di cibodas, tapi sekarang udah langka ya.... ^^

Cicha Mamanya Shaina on 4:07 PM said...

walah, sekali posting pamer kuliner hihi.. jadi pengen nyobain atu-atu

Vera on 5:15 PM said...

Huhuhu..abis dr blog mba Evie, disuguhin foto makanan, eeh..mampir sini ada makanan juga

tyas on 10:41 PM said...

nyam nyam nyam... kalo kersen itu di jawa disebutnya buah talok...

minta bubur sumsumnya dooong....

puteri junjung buih on 10:42 PM said...

rujak campurrrrrrrrrr
rujakkk cinguurrrrrrr
lapaarrrrrrr.....
waaaahhhhhh bundaaaaaaa....
enakkkkkk....

- s L i K e R s - on 10:22 AM said...

Ahh jadi laperrrrrrrrrr... :(

entik on 3:02 PM said...

yang dah lama ga aku makan buah duwet itu. Sampai lupa kapan terakhir makan

meyrinda on 8:29 PM said...

@mama arya: emang iya ya bikin langsing? daku sukanya direbus pake gula, jd mana bisa langsing yak hihii

@widie: iyak, tahu campur di jatim ga langka, dijakarta yg langka mba hahaha

@lita uditomo: wah toss mba, selera kita berarti samaa haha

@debbie: menggiurkan yaa hihihi

@bunda nayla: dilap dolo bu wakakaa

@elvan rivani: kapan krumah lage, daku petikin yg banyak buat si ganteng

@ferri: monggo kerso :)

@eucapyptuss: hihihi ntu mah cherry import mb, kalo ini cherry jowo hihihi

@3w1nk: wah sama banged, dolo aku jg hobi tuh manjat keres :D

@neny setijowati: makasih ya mba, lam knal kembali :)

@kristin: bahasamu iku lo say, mrintis2 wakakaka ngakak aku

@

meyrinda on 8:35 PM said...

@lyla: iya seh, tp dikompleks rumahku paling ga ga ada yg punya tanemannya hahaha

@novee: jamblang bahasa mana tu mba? hihihi baru tau d. kalo dijawa mah JUWET namanya

@febrie: nyodorin tisyu :))

@rhein fathia: andai kau tau disini jg daku ngiler liatnyah huhuhu

@ijal: mang syedapp banged tuh

@milla widya: iya mba, skrg mah stroberi ya yg banyak beredar

@cicha: aihh mang lom ada yg pnah nyoba sayy? enakkkk

@vera: pasti ada yg lom pnah coba kannn hehehe

@tyas: talok jawa mana ya mba? baru denger lo aku

@putri junjung buih:nyammm ngiler ga disana hihihi

@slikers: sammaaaa hahhaa

@entik: juwet ya? aku mayan dah kmaren da nyobain stelah skian lama hehe

Nunik Achmad on 1:19 PM said...

itu yg buah keres, sekarang jadi favoritnya Fikri.
Dia bilang buah ceri. Klo saya mah bilangnya itu buah Talok...

rumah lina on 3:21 PM said...

wah kresen murbei makananku waktu kecill, jd kangen
mey...kirim rujak cingur dunk huaaaaa

Pritha Khalida on 2:18 PM said...

Bunda, aku jadi lapaaar :)
Tapi aku udah kegendutan makan melulu, hiks...

Nu gaduh blog on 11:35 AM said...

wah mampir sini ada buah2an lucu....bener jadi kangen tuh, dulu waktu kecil seneng banget makan buah duwet (dikampungku namanya itu).

kalau cherry dihalaman rumah juga tanam tapi ga suka, rasanya terlalu manis. wah masih nemuin yah tanaman2 tsb...keren daah..

INDAH RUSIANAH on 2:37 PM said...

waduh rin, semenjak ku merantau gak pernah lg ketemu buah2 kyk gitu...tp aku gak begitu suka kecut...

sandy on 4:08 PM said...

waduw druma ane masi ada tuh,kan rumah saya didesa....


hehhee.....

meyrinda on 8:27 AM said...

@nunik achmad: mba, knapa dikasi nama talok ya? didepan rumahku ada loo pohonnya, ayoo maen kerumah yook

@rumah lina: mba, andai kau tau aku jg lagi kangen rujak cingur skrg huhuhu

@pritha khalida: halahh segitu aja kok ndut seh say, hyukk makan barengan hehe

@nu gaduh blog: adalagi satu yg lupa difoto say, jambu monyet hehe

@indah rusianah: loo keres iku maniss yoo..murbei jg hehe

@sandy: eh masak sih, bole dikirim ksini hehe

 

Mind of Mine Copyright © 2011 | Design by CuteLittleOwl