Thursday, January 10, 2013

Tentang Varicella / Chicken Pox / Cacar Air

Diposkan oleh meyrinda di 12:03 PM
"السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Met sore, sambil tes kontak skalian nanya dunk,  ada yang punya pengalaman cacar air bukan diusia anak2 ga? Apa obat andalan kalian? Thank you, met malam mingguan Ϋªªª.."

Isi BM atau broadcast message yang aku kirim sabtu, 5 Januari 2012

Sent

Dan ternyata, banyak yang merespon
Banyak yang kasi tips, banyak yang ngedoain sembuh
Sembuh? emang kena?
IYAAAA...!!!

Jujur aja, sejak jaman SD dulu, denger kata cacar air aja udah bikin badanku gatel-gatel.
Tiap ada teman / saudara / bahkan orang tak dikenal yang kena cacar air keinginanku pasti cuman 1, jauh-jauh dari penderita cacar tersebut.
Tapi sekarang kondisinya lain.
Cerita berawal dari Dunda tanggal 22 Desember 2012 kemaren, atau hari kamis sore yang terpapar virus varicella zooster ini which is hanya 5 hari sebelum kita liburan ke Belitong, lalu Cunda yang akhirnya kalah juga sama virus ini tanggal 3 Januari 2012 lalu.
Sebagai Bunda yang baik tentulah sibuk ngurusin 2 anak yang kena cacar air secara bergantian.
Well okay, bukti Bunda urusin CunDun adalah, pada Dunda terdapat sekitar kurleb 135 bintik dan 155 bintik pada Cunda. Diitung bowww hihihi

So, kali ini pengen cerita ttg pengalaman menghadapi  Varicella aka Chicken pox aka Cacar Air .
sebagian amunisi menghadapi virus varicella
Biasanya kalo kedokter resep yang dikasih:
*Acyclovir minum + salep
*Serbuk PEKA atau cairan dettol untuk dicampur di air mandi
*Obat minum untuk mengurangi gatal
*Disarankan sedia bedak gatal Salycil / Herocin atau sejenisnya.
*Tetap  mandi

ini penampakan dari air mandi yang dibubuhkan serbuk peka
 Serbuk Peka ini kuat banget, menimbulkan bercak noda pada ember dan gayung yang kena cairan ini dan kalo kulit kita sempat terkena serbuknya lalu kena air bisa dipastikan ada noda coklat gitu dikulit walaupun bekasnya cepat hilang juga yaa

Sebagian saran yang didapat dari teman-teman di BBM yaitu:
  1. SABAR, sabarrr dan sabarrr karena ga mungkin sembuh dalam 2-3 hari kedepan ^_^
  2. Sebagian besar menyarankan konsumsi Acyclovir baik oral juga salep
  3. Beli salep paten Zovirax untuk mempercepat proses keringnya. Sebagai perbandingan, harga Acyclovir di apotek generik Rp. 3.300,00 saja sementara Zovirax Rp. 88.000,00 untuk yang mengandung acyclovir 5mg. Untuk mukanya Cunda dan Bunda seringnya dikasi Zovirax selain usaha biar tetep indah ini kulit muka, irit adalah faktor utama. Zovirag lebih padat Acyclovir lebih cair kremnya.
  4. Konsumsi air kelapa hijau di awal terpapar virus. Harga di jakarta Rp. 10.000,00/butir
  5. Oleskan minyak Habbatussaudah sejak awal keluar bintik, mempercepat proses pengeringan
  6. Oleskan minyak kapak atau minyak aromatherapi yang mengandung menthol sejak awal bintik hadir. Menurut Bunda ini efektif menghilangkan gatal yang timbul karena jadi kepanasan hehe
  7. Oleskan parutan jagung muda bila luka mulai mengering *ini saran terbanyak loo
  8. Konsumsi Vitamin C dosis tinggi, atau oleskan dengan Granule C (ini ga dicoba cuma beli Vitalong aja buat Bunda)
  9. Jangan makan kecap nanti bekasnya item. Jangan makan sea food atau yang amis seperti telor nanti makin terasa gatal. Jangan digaruk
  10. Konsumsi Vitamin E untuk mempercepat regenerasi kulit
  11. Tentu saja makan minum yang banyak yaa.... terutama air putih dan konsumsi sayur dan buah 
  12. Rutin mengkonsumsi Madu atau Sarikurma
  13. Konsumsi air parutan kunir + madu sebagai antibiotik alami
  14. Jelly Gamat katanya bagus juga untuk bekas luka
  15. Oleskan Nutrimoist dari CNI. Ada informasi yang bilang produk ini terbuat dari plasenta, untuk yang satu ini yang punya info lebih boleh yaa dibagi

parutan jagung muda
Sebagai penderita sendiri, ini yang Bunda rasakan,
  • Hari pertama terasa ada seperti jerawat yang perih rasanya dibagian pipi luar dekat telinga plus satu dibagian perut. Kalau jerawat kan ada proses ya ini kok udah berasa perih aja. Malamnya udah mulai berasa pengen ketukang pijit badan rasanya abis ketimbun dagangan Alakaya (teuteup promosi jalan terusss) hihihihi
  • Hari kedua mulai muncul bintik-bintik merah datar (makula) hanya sedikit saja sampai ke-PD-an mikir asik nih keluarnya dikit. Badan berasa meriang tapi masih bisa aktivitas walau dikit-dikit milih berakrab ria ama kasur. Pada titik ini air peka udah dipake mandi, minyak kapak mulai diolesin. Bagian gusi, tenggorokan dan dalam mulut Bunda kena juga nih, tapi gak terlalu mengganggu nafsu makan kok, gak separah yang pernah kubayangkan.
  • Hari ketiga ke-PD-anku turun drastis karena bintik-bintik merah keluarnya serasa merajalela disekujur tubuh, bahkan bagian tersembunyipun tak luput dari sapaan manisnya, helloooo kulit mulusnya meyrinda, I'm coming!.... serasa gitu deh sapaannya padaku (aarrghhh). Pada hari ketiga sebagian bintik sudah menonjol (papula), sebagian bintik berisi cairan (vesikel) yang terasa gatal.  Hari ini Bunda pake minyak habbats buat olesan di kulit. serasa bule lagi berjemur dipantai yang kulitnya diolesin minyak gitu dehhhh. Oya malem hari rasanya guatelllll bangettttttt sampe tidurpun tak nyenyak. Olesin lagi dah tu minyak kapak biar berasa mentholnya apadaya gatalnya ruarrrr biasaaaa. Sempet minum CTM tapi ga ngaruh sodara....ngantuk tak datang, gatalpun tak hilang kudunya Insidal neh hihi... Pada fase ini Bunda salut berat ama CunDun yang kayaknya asik asik aja waktu kena cacar. Mereka yang kuat atau Bundanya yang lebay? Eh tapi konon kena cacar air dimasa dewasa lebih sesuatuuuhh loo *pembelaan*
  • Hari keempat, gatal udah ga sedahsyat semalam, tapi masih menyiksa dan mengganggu, terutama dibagian-bagian tertentu (PM kalo mau tau bagian mana itu :P). Ramuan kali ini masih tetap olesan habbats, Zovirax buat muka acyclovir buat badan secara bergantian. Pada hari keempat kulit wajahku terasa abege puber yang dipenuhi jerawat batu. Berasa rada parno juga sih kalo ngaca, seperti bukan diriku yang sebenarnya, siapa kau wajah penuh papula dicermin? Hari ini hasil cacar pada Cunda udah makin mengering sebagian besar sudah menghilang, jadi mulai Bunda kasih parutan jagung muda. Sambil ngabisin parutan cunda, sambil bunda oles2 juga deh tu ke muka. Namanya juga usaha demi kulit Dian Sastro-ku kembali....
  • Hari kelima ngaca, wow diwajah udah mulai sopan penampakannya, dibadan vesikal udah makin berubah keruh isi cairannya setelah sebagian mengeruh kemaren. Pertanda udah mau masuk fase mengering nih... Parutan jagung muda sempet dioles kemuka sambil posting disini. 
Apaa??? hari ini masih kena cacar hari kelima?? Iyaaaa emang kenapa?? Tenanggg jangan khawatirrrr, belum ada laporan ketularan gara2 baca blog kok, tapi kalo situ ketularan juga kabarin yak disini, berarti teorinya kudu diganti deh hahahhaaa
Doakan proses ganti kulit untuk mendapatkan hasil yang lebih baik ini berhasil dengan lancar ya temans...(lu kata ular apah Bun?)  Yaa namanya juga keep thinking positive Pren..

Tips ala Bunda
*Potong kuku
*Gunakan baju yang nyaman dan longgar  (daster bambu bali jadi andalan)
*Jangan garuk2 bikin bekasnya susah ilang -ngetiksambilnahangatel-
*Jangan terima tamu dulu terutama yang belum pernah kena cacar kasian kalo ketularan

Pada dasarnya virus cacar ini akan diam dulu dibadan kita selama kurleb 1 - 2 minggu, bila dalam masa inkubasi itu daya tahan tubuh kita menurun maka virus itu akan berkembang dengan sempurna tetapi apabila daya tahan tubuh kita bagus otomatis virus akan enyah dari tubuh kita. Makanya seringkali kita baru ketauan kena cacar seminggu / 2 minggu setelah ketemu ama penderita cacar.

Vaksin cacar air bukan berarti kita akan terbebas dari cacar air 100% yaa
Kebetulan Cunda dulu sempet vaksin cacar air yang cukup mahal harganya, mana ga dicover asuransi pula *curcol* tapi dia tetap terkena virus ini, begitu juga banyak temannya yang walaupun vaksin tetap kena virus varicella. Untuk perbedaan antara yang vaksin dengan yang ngga, belom tahu juga deh ya, soalnya antara Cunda yang vaksin sama Dunda yang gak vaksin kayaknya sama aja.

Dan buat yang udah pernah kena Cacar Air jangan lega dulu, kalian masih bisa kena Herpes Zooster sebagai penyakit kelanjutan dari cacar air karena virus varicella-zoster akan menetap dalam kondisi dorman (tidak aktif atau laten) pada diri seseorang yang pernah kena cacar air dan akan aktif bila kondisi badan kita drop banget, so Beware!
Oya, buat yang udah pernah kena cacar air, 
(Naudzubillah, ga mau ga mau ga mauuuu!!!)

Untuk info lebih banyak tentang Varicella, boleh buka ini, ini, ini, atau ini atau ngga googling sendiri aja yah.
Udah ah, waktunya ngolesin muka ama badan lagi nih..... cumungudh!

12 komentar:

dwi wulan on 1:31 PM said...

GWS ya say...aku kena cacar air tu waktu kecil bangettttt..;D

Emaknya Shidqi Selma on 1:35 PM said...

aku pernah juga cacar air, pas hamil anak pertama,pada usia 7bln hiks..gataaal, nyeriii..

meyrinda on 3:15 PM said...

@dwi wulan makasih banyak doangaa kisskiss wah da lama kena so pasti kulit da lama mulus kembali yaa hehehe

@emaknya shidqi hwaaa pas hamil yaa, untung ga pas hamil muda ya mbaa... kebayang deh ga nyamannyaa....diaksi apa tu

mimi RaDiAl on 4:01 PM said...

bantuin garuk2 aja,,,maaf seisi rumah udh kena semua, tp infonmya akan saya sebarkan melalui media nyata, trims
dan GE WE ES muuaccch!

Lidya - Mama Cal-Vin on 9:54 PM said...

tes kontaknya gak nyampe aku loh mey :) aku kena caar waktu umur pascal 1,5thn Allhamdulillah gak berbekas

KEKUATAN MIMPI on 12:12 AM said...

huaaaa...si emak pilih kasih ama anaknya. Satu dikasih vaksin, satu lagi nggak dikasih. JAdi aja kualat tuh kena cacar air juga....wkwwkwkkkkk...

GWS, cyinttttttt... GWS juga buat CUNDUN....

myra anastasia on 12:19 AM said...

Mey juga kena? Semoga cpt sembuh ya.. Liat PK inget waktu kecil. Sering banget sy di rendem sm PK kalo gak tangan ya kaki karena sy alergi :D

Rahmi Aziza on 2:18 AM said...

suamiku dulu juga pernah kena cacar. katanya bekasnya dikasih produk High Desert yang apa gt lupa. Btw mba, udah nmgeblog sejak tahun 1990? ciyuss miapahhh? :D

meyrinda on 7:26 AM said...

@mimi radial bantuin kirim kueh tiap hariii hihi ngelunjak

@Lidya dikasi apa duluu kok hebad ilang sempurnaa

@kekuatan cinta biasa makkk anak keduaaa lebi santee wqkqkqkqkk

meyrinda on 7:27 AM said...

@myra jd pake peka bukan karena cacar yaa? uda pernah cacar belom makasih yaaa kisskiss

meyrinda on 7:28 AM said...

@Rahmi aziza nggaaaaa ntu error aja tu ngeblognya baru tahun 2005 kokkk hihihii

obat herbal asia on 2:30 AM said...

Kena Cacar sangat menyebalkan. Gatal n nyeri. Tx atas infonya.

 

Mind of Mine Copyright © 2011 | Design by CuteLittleOwl